Manfaat bawang putih

bawang putih

bawang putih

manfaat bawang putih – Tidak akan ada di dunia ini, dapur yang kosong dari bawang putih. Ia bersama sejenisnya, yaitu bawang merah tergolong obat yang paling terkenal di dunia. Dan sangat jarang keranjang yang tergantung di dapur atau di atas meja makan, sebagai lalapan perangsang makanan, luput dari benda yang satu ini. Tumbuhan ini berasal sari keluarga liliaceae (satu keluarga dengan bakung, asparagus, bawang merah dan perai). Bawang putih Mesir, jenis bawang putih terbaik di dunia, karena kondisi tanah dan pengaruh sungai Nil. selain manfaat bawang putih, tumbuhan ini memiliki keistimewaan aroma yang menyengat, sehingga banyak orang tidak mengkonsumsi nya, padahal ia mengandung manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Oleh karena itu, nama bawang putih dalam bahasa latin (allium sativun) memiliki arti seledri beraoma menyengat. Dalam bahasa arab, bahasa Al-Quran disebut Fum, dan ini merupakan bahasa yang paling fasih, sedangkan tsaum adalah bahasa Fira’unis. Alloh berfirman: “….Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Robbmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur mayurnya, ketimunya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merah nya.” (al-Baqoroh [2]: 61)

Untuk menghilangkan aroma bawang putih makanlah apel atau kunyahlah daun menthol hijau atau peras cengkih. Sekedar untuk diketahui, memasak bawang putih merusak khasiat pengobatannya. Dan semakin lama disimpan maka khasiatnya semakin kuat, setelah daunnya dikeringkan dengan baik.

Telah terukir di piramida sejak 4500 tahun yang lalu bahwa bawang putih diberikan kepada para pembuat piramida agar bisa meningkatkan kekuatan dan vitalitas mereka. Ustadz saya, syaikh Haidar, semoga Alloh merahmati beliau, pernah menasehati saya,”jika kamu ingin kuat dan cerdas, maka makanlah bawang putih setiap hari lantas minum segelas susu pada pagi hari setelah Bangun tidur.” Daud al_anthaki berkata bahwa khasiat bawang putih bisa menyembuhkan lebih dari empat puluh macam penyakit.

Konon para pegulat Romawi mengkonsumsinya sebelum pertandingan untuk mendapatkan daya kekuatan dan kecepatan. Secara ilmiah telah ditetapkan, bahwa khasiat bawang putih membersihkan kolesterol yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan sakit jantung. Bawang putih dapat melarutkannya dan membersihkan darah dari segala kuman dan bakteri. Oleh karena itu, ia bisa berfungsi sebagai antibiotik. Disebutkan pula bahwa ia dapat menghambat penyebaran racun ular pada diri manusia, dan dapat membersihkan perut dari parasit.

Ibnu Sina menyatakan,” bawang putih dapat melemaskan dan menghilangkan bengkak, membersihkan kulit dan berguna untuk mencegah perubahan air. Abunya jika dilulurkan dengan madu sangat berguna untuk penyakit kulit, bermanfaat untuk mengobati alopesia dan pegal dipinggang. Bawang putih rebus di goreng dapat mengurangi sakit gigi, berkumur dengan air rebusannya selain mengurangi sakit gigi juga dapat membersihkan kerongkongan. Berkhasiat untuk batuk yang menahun, juga sakit dada karena kedinginan. Duduk diatas rebusan daunnya mengandung khasiat melancarkan kencing dan haid. Minum bawang putih tumbuk yang dicampur dengan madu dapat mengeluarkan dahak.

Bawang putih mengandung 49%protein, 25% zat belerang, garam, hormon, yang dapat menguatkan kemampuan sexual, antibiotika, pelancar kencing, liver dan darah haid; dan enzim-enzim karbonat. Ia juga dapat melarutkan lemak dan mengandung zat-zat yang membunuh bibit-bibit cacing. Dan setiap kali penelitian dan observasi dilakukan, semakin tanpak manfaat dan keajaibannya.

artikel manfaat bawang putih ini dengan referensi dari buku Mu’jizat kesembuhan, Abul Fida Muhammad ‘Izat Arif–alQowam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: