Kiat Hidup sehat di Zaman Modern

pola-hidup-sehat
pola-hidup-sehat

Kesehatan tubuh erat kaitannya dengan pola hidup seseorang. Artinya, pola hidup yang sehat akan membuahkan kesehatan yang tidak ternilai harganya. Perilaku hidup sehat telah diteladankan oleh nabi Muhammad shalallahi’alahiwasallam. Contoh perilaku sehat yang ada pada beberapa sunnah rasulullah shalallahi’alahiwasallam adalah minum Madu, makan yang teratur, tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, tidak terlalu banyak tidur, membiasakan shaum (puasa).

Kebiasaan Rasulullah makan dengan tiga jari menjadikan porsi makanan menjadi sedikit, kita bisa menyuap perlahan-lahan dan lebih bisa menikmati makanan itu. Zat-zat pencerna dalam lambung dan usus pun akan diproduksi dalam jumlah sedikit. Ketika kita menelan dengan cepat-cepat, maka zat-zat pencerna akan diproduksi dalam jumlah yang banyak, sedangkan ketika kita makan dengan perlahan, ukuran zat pencerna dan yang dicerna menjadi seimbang. Ketika makan dengan tegesa-gesa, maka enzim pencerna menjadi tidak seimbang dengan makanan yang masuk. Kebiasaan berhenti makan sebelum kenyang, bisa terjadi kalau makan dengan perlahan. Selain itu masih ada perilaku tidak minum di tengah-tengah makan. Semua itu merupakan pola hidup sehat versi Rasulullah shalallahi’alahiwasallam yang patut diteladani oleh kaum muslimin di segala tempat maupun waktu.

Diantara perilaku sehat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengurangi asupan makanan siap saji dan sintetis yang dapat ditemukan pada makanan olahan atau yang menggunakan zat pewarna. Perilaku lain adalah meningkatkan komsumsi bahan makanan yang kaya anti oksidan, misalnya sayuran, buah-buahan, buah zaitun, anggur merah,dll. Perilaku lain adalah meningkatkan komsumsi protein seperti ikan, kacang-kacangan, jamur, telur, dan kedelai disamping meningkatkan komsumsi bahan makanan yang alami, segar, dan tidak mengandung pestisida. Penting juga diketahui, jangan lupa untuk tidak makan udang setelah makan vitamin C, karena ini akan menyebabkan keracunan Arsenik (As) yang merupakan hasil reaksi antara udang dan vitamin C didalam tubuh. Keracunan Arsenik berakibat fatal dalam hitungan beberapa jam.

Tips Hidup Sehat yang Murah

Budaya Bersih

Perilaku budaya bersih dapay dimulai dengan menjaga kebersihan diri melalui kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar. Perilaku lainnya adalah selalu berusaha menghirup udara bersih dan menghindari radikal bebas yang berbahaya seperti udara yang tercemar asap rokok, asap kendaraan, pabrik, debu, dll.

Makanan seimbang

Makanan seimbang adalah makanan yang mengandung semua komponen yang dibutuhkan tubuh berupa karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, makan juga harus memenuhi syarat halal dan thoyyib dan tidak berlebihan serta menghindari makanan capat saji, pewarna makanan, dan aneka kemasan makanan yang tidak sehat. Kebiasaan makan yang mesti kita perhatikan adalah sarapan dengan menu yang lengkap dengan tidak lebih sekedar mengisi perut belaka. Kekurangan protein, mineral, dan zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dari sarapan, tidak tergantikan oleh makan siang dan makan malam.

 Menjaga Berat Badan Ideal

Selalu mengontrol berat badan dengan cara menghitung dengan formula body mass index atau BMI.

Banyak Minum

Jumlah air yang mesti kita minum minimal 7 sampai 10 gelas atau 2 liter sehari. Akan sangat baik pula bila ditambah suplemen alami, seperti Madu, teh hitam/hijau, atau Jus. Kekurangan air dalam tubuh akan mengganggu proses-proses kimia tubuh terutama fungsi ginjal.

Olahraga atau gerak badan teratur

Istirahat Cukup

Istirahat yang paling baik adalah tidur karena hampir semua organ tubuh dapat mengalami relaksasi setelah melakukan kegiatan tidur. Rasulullah shalallahi’alahiwasallam mengajarkan kita agar cepat tidur (ba’da Isya) dan cepat bangun pada sepertiga malam terakhir.

Menghindari Stress

Stress menguras energy sehingga menjadikan tubuh lemah dan rentan terhadap penyakit.

Wallahua’lam,

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan

Abu farannisa – https://abufarannisa.wordpress.com

Sumber artikel: Rangkuman artikel majalah al-Mawaddah Edisi9 tahun ke-1

One Response to Kiat Hidup sehat di Zaman Modern

  1. Tiyang Atmojo mengatakan:

    Sehat dijaman sekarang ini kayaknya emang susah. Dengan segala permasalahan yang ada,mulai dari makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, polusi, stress dan masih banyak lagi. Diri kita sendiri lah yang harus bisa mengatur pola hidup yang sehat. Olahraga dan berpikir positif itu kuncinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: