Mabuk Perjalanan

atasi mabuk perjalanan

Perjalanan jauh atau safar, baik itu menggunakan kendaraan Motor, Mobil, Bus, Kapal atau Pesawat terbang, tentu anda akan mempersiapkan segala sesuatunya selama perjalanan nanti, salah satunya adalah kesiapan fisik agar pasa saat perjalan kondisi badan tetap fit dan tidak terjadi yang tidak diinginkan seperti terserang mabuk perjalanan. Berbicara tentang mabuk perjalanan, hal ini merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada seseorang yang sedang melakukan perjalanan, ketika  terserang mabuk perjalanan dengan sekuat tenaga  anda akan menahan rasa pusing dan mual. dan ketika terjadi muntah tentu saja akan mengangu perjalanan anda dan orang-orang disekitar anda. Berikut saya paparkan mengapa Mabuk perjalanan ini muncul, tips mencegahnya dan cara pengobatannya.

Apa itu Mabuk perjalanan dan penyebabnya?

Mabuk perjalanan atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai motion sickness (motion= gerakan, sikcness=penyakit/gangguan), maka mabuk perjalanan adalah suatu gangguan yang disebabkan oleh adanya gerakan. Hal ini muncul akibat adanya ketidaksesuaian informasi yang dikirimkan oleh indra (pusat keseimbangan ditelinga/vestibular)  tubuh ke otak. Sejumlah aktivitas dalam perjalanan dapat memicu keadaan ini, seperti melihat objek yang bergerak cepat pada saat meliat keluar kendaraan, membaca didalam mobil, dll. Atau bisa juga disebabkan kondisi kendaraan dan lintasan yang dilewati seperti sistem suspensi mobil yang tidak nyaman dan menimbulkan guncangan, kondisi jalan yang tidak rata dan berkelok-kelok. Tidak ketinggalan kondisi fisik anda juga yang paling menentukan seperti kondisi tubuh yang kurang fit atau perut dalam kondisi kosong.

Pencegahan agar tidak mabuk kendaraan

  1. Pastikan konsisi fisik anda segar, jangan begadang malam hari untuk perjalanan esok harinya.
  2. Bawalah bekal makanan dan minuman yang diperlukan khususnya yang bisa menbantu anda mencegah dan meredakan rasa mual seperti  buah dan Jus Segar, air Jahe dan gula. Selain minuman,  Jahe dalam biskuit atau permen juga cukup bermanfaat
  3. Pilih posisi terbaik didalam kendaraan,
    1. Mobil atau bus pilihlah tempat duduk didepan /dekat sopir, apabila harus dibelakang maka pilihlah dibagian tengah yang minim goncangan.
    2. Kapal laut pilihlah kabin ditengah, karena pada lokasi ini goyangan kapal paling tidak terasa.
    3. Kereta api duduklah di dekat jendela dan menghadap ke depan
    4. Pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap.
    5. Motor, nah ini jenis kendaraan yang sering saya pakai (touring Pulkam J), Selain Helm (full face atau half face) pakailah perlengkapan kendaraan yang sesuai standar keselamatan anda sepeti  jaket yang terbuat dari bahan waterproof (tahan air) dan windproof (tahan angin) dan dilengkapi dengan pelindung di siku dan bahu supaya kondisi badan anda tetap hangat dan stabil, Untuk celana umumnya memakai bahan yang sama seperti jaket, Untuk Sepatu pilih yang berbahan anti air dan yang menutupi mata kaki, tidak kalah pentingnya adalah sarung tangan dan masker. Ups! Satu lagi kewajiban yang harus dibawa yaitu Jas Hujan.
    6. Posisikan tubuh searah perjalanan dan arahkan penglihatan kepada objek yang jauh (cendrung diam), karena objek dekat tepi jalan yang bergerak cepat dapat memusingkan.
    7. Beristirahat sejenak di sela perjalanan.
    8. Perhatikan sirkulasi udara, bukalah jendela atau memutar AC ke posisi “cool” untuk memungkinkan udara beredar dengan cepat melewati Anda. Seringkali yang Anda perlukan hanyalah mengubah udara pengap yang berada di dalam kendaraan untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.
    9. Menjauh dari Asap Rokok (apalagi merokok), karena selain mengiritasi saluran pernafasan, juga membuat perut mual.
    10. Hindari makanan pedas dan berminyak sebelum dan selama perjalanan.

Mengobati Mabuk Perjalanan

Ketika tanda-tanda mabuk perjalanan mulai terasa seperti pernafasan tidak enak, diikuti keluarnya keringat dingin, pusing, mual dan ingin muntah, beikut ini tips menghadapinya:

  1. Makanlah buah segar yang anda bawa, jika mual tak reda kepalkan tangan dan lemaskan jemari tangan dan kaki berulang-ulang untuk menaikan peredaran darah. Utnk menghilangkan pusing ringan, pijat jemari dan telapak tangan.
  2. Buka kaca mobil untuk mensirkulasikan udara segar kedalam kabin. Jika mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Keluar dan berjalanlah disekiatar mobil  untuk menetralkan efek akumulasi getaran pengganggu.
  3. Kunyah jahe atau minum air Jahe karena Jahe bisa mengurangi rasa mual dan muntah

Obat Herbal Mabuk Perjalanan

Jahe, ramuan: Seibu jari Jahe cuci iris rebus dengan segelas air, agak dingin minum sekaligus. Anda juga bisa memakai serbuk jahe siap seduh yang sudah banyak beredar di pasaran. Pada balita sebaiknya balurkan parutan jahe pada perut mereka.

Demikian artikel yang saya tulis, hanya kepada Allah saja meminta pertolongan, kesembuhan dan keselamatan.

Sukabumi, 2 syawal, 1432H

Abu farannisa – https://abufarannisa.wordpress.com

Referensi:

Meracik sendiri ramuan herbal nabi, Muhammad Yuniyanto,S.Si, Pustaka Arofah

Kembali ke Alam Khasiat dan manfaat tanaman berkhasiat obat, Abu Muhammad Faris al-Qiyanji, Pustaka Lugu alami

One Response to Mabuk Perjalanan

  1. jha mengatakan:

    terimakasih informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: