Cara tidur nabi

sifat tidur nabi

sifat tidur nabi

Siapa saja yang memperhatikan cara tidur dan aktivitas beliau- Sifat tidur nabi, pasti akan mendapatkannya sebagai cara tidur terbaik dan paling bermanfaat untuk tubuh, untuk seluruh organ badan dan stamina. Bagaimanakah cara tidur nabi? Apa saja rasulullah larang dalam tidur? Adakah waktu-waktu tertentu yang dilarang? Mudah-mudahan artikel dibawah menjadi jawabannya……

Beliau tidur diawal malam dan bangun pada pertengahan malam kedua. Beliau bangun dan bersiwak, lalu berwudhu dan shalat sampai batas waktu yang diizinkan oleh Allah. Tubuh berikut organ-organnya dan energy tubuh dapat mendapatkan hak yang pantas untuk tidur dan beristirahat. Namun juga cukup untuk berolah raga, disamping menangguk pahala. Itu adalah cara yang paling maslahat bagi hati dan tubuh manusia didunia dan diakhirat.

Beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan, namun juga tidak menahan diri untuk tidur sekedar yang dibutuhkan. Beliau melakukannya dengan cara terbaik: tidur pada saat diperlukan dengan memiringkan tubuh kearah kanan, sambil berdzikir kepada Allah hingga matanya terasa berat, tidak dalam keadaan kekenyangan karena makan dan minum, dan tidak langsung bersentuhan dengan tanah dan tidak berbaring di atas kasur yang terlalu tebal. Beliau memiliki kasur kulit berisi sabut. Beliau juga membaringkan kepalanya diatas bantal. Terkadang beliau meletakan tangannya dibawah pipinya.

Tidur yang paling efesien adalah berbaring kesebelah kanan agar makanan bisa berada pada posisi yang pas dalam lambung, mengendap secara proporsional. Tidur yang terburuk adalah dengan terlentang. Tiduran terlentang menjadi tidak masalah sekedar untuk beristirahat sejenak, bukan untuk tidur. Lebih buruk lagi tidur bertelungkup. Dalam Musnad dan Sunan Ibn Madjah diriwayatkan dari abu umamah bahwa ia menceritakan: “Nabi pernah lewat dihadapan seorang laki-laki yang sedang tidur menelungkup, maka beliau menyepaknya dengan kaki beliau sambil bersabda “Bangun!!..duduk..itu adalah cara tidur para penghuni Jahannam.”

Tidur siang itu tidak baik, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit akibat kelembaban tubuh, menimbulkan banyak wabah, merusak pigment tubuh, menyebabkan penyakit empedu, melemahkan syaraf. Menimbulakan kemalasan, melelahkan syahwat, kecuali dimusim panas pada tengah hari. Yang terburuk adalah tidur diawal siang dan lebih buruk lagi tidur diakhir waktu ashar.

Ada yang berpendapat bahwa tidur siang itu ada tiga macam: Khuluq, Khuruq, dan humud. Khuluq adalah tidur ditengah hari , disebut khuluq (akhlak) karena itu adalah kebiasaan Rosululloh. Khuruq (perusak) adalah tidur diwaktu dhuha, sementara Humuq (kebodohan) adalah tidur diwaktu ashar.

Tidur dibawah sengatan matahari juga dapat memancing penyakit terpendam, Tidur antara sinar matahari dengan tempat teduh juga tidak baik. Rasulullah melarang seseorang duduk diantara sinar matahari dan tempat teduh (HR. Abu daud).

Rasulullah mengajarkan orang yang hendak tidur untuk mengucapkan beberapa kalimat yang menunjukkan penyerahan diri, permintaan perlindungan diri, rasa sugesti dan takut kepada Alloh, yakni demi mendapatkan penjagaan yang optimal dari Allah dan pemeliharaan terhadap jiwa dan raganya, lalu selain itu Rasulullah juga membimbing agar seseorang mengingat imannya tersebut serta menjadikan keimanan sebagai akhir ucapannya sebelum tidur. Karena bisa jadi Allah mewafatkan dirinya dalam tidurnya. Kalau akhir ucapannya adalah ungkapan keimanan, ia akan masuk Syurga…Wallohua’lam.

Maraji: Methode Pengobatan Nabi, karya: Ibnu Qoyyim al-Jauziyah.

About these ads

2 Responses to Cara tidur nabi

  1. Ping-balik: Cara menghilangkan kantuk « Abu Farannisa Weblog – Islam & Thibbun nabawi

  2. yonnedi.m mengatakan:

    kalau orang yang kerjanya malam gimna ya terpaksa tidur siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: